CARA MENGINSTAL & MENGKONFIGURASI SNORT IDS DI UBUNTU


Selamat datang di weblog_rega! Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman kembali tentang topik menarik dan penting dalam dunia keamanan sistem jaringan, yaitu cara menginstal dan mengkonfigurasi Snort IDS di Ubuntu. 

Dalam era digital yang semakin maju ini, sistem jaringan kita menjadi semakin rentan terhadap serangan peretas. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menggunakan alat keamanan yang dapat membantu melindungi sistem jaringan komputer. 

Pelbagai cara atau usaha manusia lakukan sebagai brainware pada sebuah organisasi baik profit oriented maupun social oriented yang mengelola database organisasi yang diserahi tugas  melindungi asset hardware, software database kredensial dan data sensitif yang menjadi core bisnisnya. Tak tanggung-tanggung para owner perusahaan berani menganggarkan budget yang tidak sedikit untuk bekerjasama dengan pihak vendor atau pihak ke-3 yang bergerak di bidang cybersecurity untuk mengamankan asset bisnisnya jika dibutuhkan, demi menjaga reputasi nama baik perusahaan dalam menjaga database customer agar tidak terjadi kebocoran data terhadap aktivitas peretasan pada sistem jaringan komputer.

Namun tahukah Anda ada salah satu tool security yang cukup ringan (tidak memakan resources besar), simple dan mudah untuk dipelajari, dapat berjalan pada sistem operasi UNIX/GNU/LINUX dan bahkan Microsoft Windows, ada versi gratisnya namun ada juga yang versi premium atau komersial berbayar, berbasis open source dan konon sangat efektif digunakan dalam memonitor lalulintas jaringan dari aktivitas yang mencurigakan dan cocok bagi organisasi yang memiliki awareness terhadap keamanan informasi pada layanan publik yang berbasis elektronik. 

Merangkum dari berbagai artikel yang bersumber dari internet bahwa salah satu alat keamanan yang sangat populer dan efektif tersebut adalah Snort IDS (Intrusion Detection System) yang sangat dibutuhkan bagi pengelola website sebagai salah satu upaya pencegahan dalam mengawasi lalulintas data dari para penyusup dunia maya.

'Snort' yaitu sebuah aplikasi atau tool yang dapat digunakan untuk memantau ancaman anomali pada jaringan siber, seperti penyusupan, penyerangan, pemindaian dan ancaman lainnya dan bahkan tidak berfungsi sebagai itu saja. Tool tersebut konon mampu melakukan pencegahan secara real time dalam jaringan berbasis TCP/IP  (Transmission Control Protocol) yang merupakan salah satu jenis protokol dalam konektivitas dan komunikasi data. 

Berikut ini dijelaskan bagaimana langkah-langkah menginstall dan mengkonfigurasi Snort IDS di Ubuntu server maupun desktop yang telah penulis/admin coba walaupun berulang kali gagal, gagal dan gagal lagi pasalnya ada beberapa step yang terlewati dan juga pada saat menambah dan mengedit rules melalui text editor bawaan Ubuntu yaitu nano atau vim yang keliru dalam hal menginput dan menghapus beberapa karakter perintah namun karena penasaran dengan modal kegigihan, he..he…akhirnya membuahkan hasil juga. Sebagai referensi penulis/admin menggunakan artikel yang bersumber dari kanal Youtube dengan akun yang bernama Tech With Kazim berjudul HOW TO INSTALL & CONFIGURE SNORT IDS ON UBUNTU yang beralamat di https://www.youtube.com/watch?v=nwDVE_kEFGg&ab_channel=TechWithKazim

Namun sayangnya vidio You Tube diatas berbahasa asing yaitu Inggris, walau penulis/admin tidak begitu paham bahasanya namun kita bisa meniru step  by stepnya yang menurut hemat kami sangatlah lengkap dan mudah untuk dipraktikan karena berdasarkan eksperimen trial n error dibandingkan dengan vidio youtube lainnya dengan topik yang sama. Namun dengan segala keterbatasan pengetahuan penulis untuk memahami. Alhasil setelah diikuti dan dipraktikan setahap demi tahap hingga jatuh nyungsep😊, namun tidak kunjung membuahkan hasil alias gatot (gagal total). Nah akhirnya di tengah keputusasaan karena sudah berada di titik nadir, hee..hee.. rupanya ada secercah asa untuk menemukan titik terang yang tak diduga sebelumnya. Kebetulan menemukan artikel yang dipandang cukup recommended karena sudah dicoba. Awalnya pesimis  bakalan kejadian serupa terjadi, "Pastilah gatot lagi, gatot lagi," gerutuku dalam hati. Namun dengan kegigihan dan usaha keras yang tak pantang menyerah, dengan keyakinan 'Man Jadda wa Jadda' (barang siapa yang bersungguh-sungguh dalam suatu hal maka ia akan berhasil) ungkapan motivasi bahasa Arab yang cukup menginspirasi. Tak dinyana alhamdulillah berujung manis. Sehingga penulis/admin ingin sekali berbagi pengalaman namun sekali lagi bukan bermaksud menggurui karena admin masih sangat pemula (amatiran), siapa tahu di luar sana ada yang senasib pernah mencoba tapi gagal total alias gatot sehingga artikel ini kiranya dapat menjadi referensi.

Sebelum membuka Ubuntu pada Virtual Box pastikan terlebih dahulu setingan Ubuntu kalian.
Settings terutama pada menu networkingnya ikuti seperti gambar di bawah ini :
Pada networking adapter 1 setting ke Host Only Adapter
kemudian pada networking adapter 2 setting ke Bridged Adapter. Promiscuous Mode : pilih Allow All kemudian terakhir klik OK

Setelah itu buka Ubuntu setting selesai, 

Unduh dan install terlebih dahulu tool Snort versi 3 di halaman resminya https://snort.org

Setelah di ekstrak file Snortnya, kemudian buka Ubuntu dan masuk ke terminal. Ketikkan ip addr untuk melihat interface dan ip address kita.
ip addr
Kemudian masuk kembali ke terminal dengan mengetikkan apt.get install snort untuk mengkonfigurasi snort setelah selesai kemudian cek kembali dengan snort –version. Kemudian masuk ke file snort dengan mengetikkan di terminal : cd /etc/snort. 
apt.get install snort
snort --version
cd /etc/snort
Ls untuk melihat daftar file rules, snort.conf sudah atau belum
ls
Sudo cp snort.conf snort.conf.backup
sudo cp snort.conf snort.conf.backup
Ls untuk melihat snort.conf.backup yang kita copy telah ada di list
ls
Kemudian lakukan pengeditan dengan text editor nano, vim atau leafpad dengan perintah Sudo nano snort.conf setelah menginput beberapa rules dan menghapus teks include dan seterusnya… kemudian simpan ctrl o dan ctrl x keluar.
sudo nano.conf 


Sudo snort -T -i enp0s8 -c /etc/snort.conf
sudo snort -T -i enp0s8 -c /etc/snort.conf


Ls untuk melihat file rules dan local.rules ada di daftar file atau directory
ls
cd rules
sudo nano local.rules

Tambahkan perintah alert icmp any any -> $HOME_NET any (msg: “Ada yang ngeping”; sid: 1000001; rev: 001) kemudian ctrl o dan ctrl x.


Penjelasan :
alert : rules action
icmp : protokol name
any : source IP Address
any : source Port
-> : direction operator
any : destination IP Address
any : destination Port
(msg: "Ada yang ngeping:; sid: 1000001; rev:0001) : rules option

Kemudian test konfigurasi kembali Sudo snort -T -i enp0s8 -c /etc/snort.conf



Pengujian Intrusion Detection System (IDS) SNORT


Pada pengujian ini dilakukan pada satu buah PC, PC pertama berfungsi sebagai PC Client sebagai PC fisik dan satunya lagi sebagai PC Server sebagai PC virtual pada komputer yang sama, dan telah terinstall Ubuntu di Virtual Box atau Virtual Machine. Kemudian pastikan bahwa client dan server telah terkoneksi dengan baik, menggunakan perintah ping ip address di cammand promt pada windows (komputer client) dengan cara ping ip address sebagai PC fisik ke komputer server (PC virtual).
ping (ip address)

Sudo snort -A  console -q -I enp0s8 -c /snort/snort.conf -K ascii 
Sudo snort -A  console -q -I (interfce-name) -c /snort/snort.conf -K ascii 
sudo snort -A  console -q -I enp0s8 -c /snort/snort.conf -K ascii 
sudo snort -A  console -q -I (interfce-name) -c /snort/snort.conf -K ascii 

Penjelasan :
Agar log /var/log/snort bisa di baca oleh manusia, kita bisa menjalankan snort dengan perintah diatas yaitu sudo snort -A  console -q -I (interfce-name) -c /snort/snort.conf -K ascii .
Perintah Ascii merupakan sebuha kode binner yang bekerja untuk sistem komputer agar bisa dibaca oleh manusia yang berisi karakter dan simbol. Menurut Wikipedia bahasa Indonesia (ASCII) singkatan dari American Standard Code for Information Interchange atau Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi adalah standar pengkodean karakter untuk alat komunikasi. Kode ASCII mewakili teks dalam komputer, peralatan telekomunikasi, dan perangkat lainnya. Kebanyakan skema pengkodean karakter modern didasarkan pada ASCII, meskipun mereka mendukung banyak karakter tambahan.

Jika berhasil tampilan output gambarnya seperti di bawah ini, perhatikan ada pesan teks : "Ada yang ngeping " yang menandakan Snort berhasil memberitahu ada aktivitas pada lalulintas jaringan :


Simak caranya melalui kanal YouTube yang berjudul 'HOW TO INSTALL & CONFIGURE SNORT IDS ON UBUNTU' by Tech With Kazim selengkapnya berikut ini :



Sumber referensi : https://www.youtube.com/watch?v=nwDVE_kEFGg&ab_channel=TechWithKazim

##Selesai##



Comments

Popular posts from this blog

Kisah Perjalanan Mudik Lebaran by rega

Tips Menghilangkan Rasa Pahit pada Daun Pepaya Ala Orang Tua Zaman Dahulu (Zadul)

JAUHILAH KEBIASAAN MENGUMPAT ATAU MENGGUNJING

Mencari Ridho Allah SWT vs Mencari Ridho Manusia

Akhir Hayat Manusia Ditentukan Oleh Kebiasaannya

PERINGATAN ISRO’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW DI TPA AL-BAROKAH

Muli Mekhanai dan Duta Kopi Lampung Barat 2015

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat periode 2012-2017