Surfing Internet Dengan IP Anonymous dengan menggunakan Anonsurf

Setelah sebelumnya kita membahas tentang konfigurasi Proxychains untuk tetap anonim dalam berinternet, ternyata masih ada lagi tool yang serupa yaitu ‘Anonsurf’ yang merupakan singkatan dari  anonymous surfing yang berjalan di Kali Linux. Rupanya bukan itu saja tool yang dapat menyembunyikan informasi pribadi kita di internet, banyak tool lainnya dengan segala kelebihan dan kekurangannya (plus minusnya) masing-masing yang terbukti dapat secara efektif menyembunyikan identitas diri kita di internet.  Ada yang menggunakan web proxy untuk membuka website yang terblokir dan ada menggunakan tor browser dan lain sebagainya. Penulis dengan segala kekurangannya, masih terbilang pemula di dunia cybersecurity yang hanya sekedar hobi dan penasaran saja, awalnya hanya menganggap tool proxychains saja yang dapat menyembunyikan alamat IP ketika menjelajahi internet namun setelah ditelusuri ternyata banyak sekali. Namun kali ini kita hanya fokus membahas tool 'Anonsurf" bagaimana cara mengkonfigurasikannya di Kali Linux berdasarkan artikel yang dirangkum dari berbagai sumber di internet baik yang berasal dari tulisan maupun vidio youtube. Tertarik, simak caranya dan langsung dipraktikkan berikut ini :

Pertama masuk dan unduh toolnya di laman anosurf yang beralamat di https://github.com/Und3rf10w/kali-anonsurf. Kemudian unduh filenya.

Setelah di unduh, kemudian buka terminal Kali Linux dengan mengetikkan : CTRL + ALT + T, pada mode root ketikan 
git clone https://github.com/Und3rf10w/kali-anonsurf.git enter. 

Kemudian beralih ke directory unduhan dengan cara ketik 
cd kali-anonsurf

Kemudian cek dengan perintah ls (list directory) untuk melihat sudah ada apa belum file installer.sh

ls

Setelah ada di directory kali-anonsurf file installer.sh, pada terminal Kali Linux pada mode root ketikkan : 

./installer.sh

Biasanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja tidak sampai hitungan jam untuk mengunduh file ini, tergantung pada lambat atau cepatnya koneksi jaringan internet Anda. Banyak perintah yang dapat digunakan dalam tool anosurf ini yang bisa diaplikasikan diantaranya :

Ketikkan : anonsurf help

Ketikan : anonsurf status

anonsurf status

Anonsurf start

anonsurf start

Kemudian masuk ke browser fire fox ketikan dns leak untuk melihat apakah IP kita telah berhasil diganti dengan IP negara lain secara otomatis. Dan untuk mengeceknya, pada terminal dengan mengetikkan : anonsurf myip untuk menyingkronkan apakah sudah sama dengan IP di browser. Bila sudah sama artinya berhasil, bila belum berarti ada langkah-langkah atau step by stepnya yang terlewati.

anonsurf myip

Keterangan perintah pada tool Anonsurf :

Anonsurf change perintah untuk mengganti IP dari negara lain.

Anonsurf restart perintah untuk melakukan restrart

Anonsurf stop perintah untuk melihat IP kita yang sesungguhnya.

Baca juga : Konfigurasi Proxychains di Kali Linux

Kesimpulannya bahwa, tools ini sejatinya hanyalan untuk menyamarkan IP address asli milik kita, dan menggantikannya dengan alamat IP dari negara lain secara otomatis. Sebagai informasi tool anonsurf telah include dalam paket instalasi Parrot OS, sehingga untuk pengguna Parrot OS, tidak perlu di instalasi lagi. Namun bagi pengguna Kali Linux, anonsurf tidak includes pada paket, sehingga membutuhkan instalasi terlebih dahulu. Sebenarnya, dari ciri-ciri namanya sudah bisa ditebak bahwa tool anonymous surfing (anonsurf) adalah tool yang berfungsi menjelajahi internet dengan anonim, yaitu dengan cara mengganti IP address asli ke IP address negara lain saat menjelajahi internet agar lebih aman dan nyaman dalam mencari informasi target atau gathering information namun untuk penetrasi testing, pakar pakar cybersecurity masih menyarankan pilihan terbaiknya adalah tetap menggunakan 'Openvpn'.

##S e l e s a i##

 


 

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Perjalanan Mudik Lebaran by rega

Tips Menghilangkan Rasa Pahit pada Daun Pepaya Ala Orang Tua Zaman Dahulu (Zadul)

JAUHILAH KEBIASAAN MENGUMPAT ATAU MENGGUNJING

Mencari Ridho Allah SWT vs Mencari Ridho Manusia

Akhir Hayat Manusia Ditentukan Oleh Kebiasaannya

PERINGATAN ISRO’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW DI TPA AL-BAROKAH

Muli Mekhanai dan Duta Kopi Lampung Barat 2015

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat periode 2012-2017