Panduan Cara Instalasi Virtual Box


Saat postingan ini dibuat versi Virtual Box yang terbaru pada saat itu adalah versi 7.0.6. Operating System (OS) ini digunakan salah satunya untuk menjalankan kali linux. Virtual Box merupakan program Open Source yang dapat diunduh secara gratis alias tidak berbayar, program ini merupakan sebuah piranti virtualisasi yang memungkinkan kita menjalankan OS di dalam OS lain secara mandiri. 

Sedangkan Kali Linux sendiri merupakan tools yang menjadi favoritenya para “penjahat dunia maya” atau yang biasa dikenal dengan sebutan Black Hacker. Namun tidak semua hacker adalah berhati jahat karena masih banyak para hacker yang berhati baik yang sering disebut dengan White HackerMereka menggunakan ilmunya untuk memberitahukan kepada  pengembang (developer) website atau aplikasi atas temuan celah-celah keamanan yang memiliki kerentanan (vulnerability), sehingga mereka bisa bertindak sebagai bug bounty memberikan masukan dan rekomendasi kepada pengembang atau pengelola website untuk memperbaiki bug atau celah-celah keamanan dengan menambal (patching) celah-celah tersebut untuk dilakukan langkah-langkah perbaikan selain itu juga mereka melakukan penetrasi testing dan security assessment terhadap website atau aplikasi sebelum dirilis atau diluncurkan ke publik.

Mengutip keterangan dari Wikipedia melalui portal resminya bahwa Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi Microsoft Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi Microsoft Windows.

Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.

Untuk menjalankan OS dalam OS memerlukan program tambahan yang bernama VMware Workstation dan Virtual Box. Kita dapat memilih salah satu dari kedua pilihan tersebut, namun jika kita memutuskan menggunakan VMware maka OS tersebut berbayar sedangkan VirtualBox sendiri free atau gratis.

Sedangkan spesifikasi komputer/laptop untuk menjalankan aplikasi ini harus berperforma tinggi soalnya OS dalam OS itu berbeda seperti menjalankan Windows biasa.

Kebutuhan dan Spesifikasi Minimum Untuk Menjalankan Virtual Box atau VMware

Berdasarkan googling di internet penulis dapatkan, untuk menjalankan VMware atau VirtualBox memerlukan komputer berspesifikasi khusus, karena kedua program tersebut menghendaki kinerja prosesor dan RAM bekerja secara maksimal untuk multitasking sistem operasi utama dan sistem operasi virtual. Berikut ini adalah spesifikasi minimum yang harus terpenuhi untuk menjalankan mesin virtual tersebut sebagai berikut :

  1. Processor minimal 64-bt x86 Intel Core 2 Duo, AMD FX Dual Core atau yang setara dengan itu.
  2. Minimal 1.3GHz core speed processor (2GHz recommended).
  3. Minimal 2GB RAM (4 GB recommended), plus jumlah banyaknya RAM dari setiap Virtual Sistem Operasi yang diinginkan.
  4. Minimal 300 MB free space untuk instalasi VMware Workstation Player dan VirtualBox, plus besarnya space hardisk dari setiap Virtual Machine yang diinginkan.
  5. Menggunakan sistem operasi 64 Bit untuk VMware Workstation. Namun jika menggunakan VirtualBox bisa 32 Bit atau yang 64 Bit.

Untuk menginstall Virtual Box, hal yang pertama yang dapat kita lakukan dengan mendownloads file Virtual Boxnya, langkah-langkahnya sebagai beriktu :

  1. Buka browser engine search-nya kemudian ketik pada address bar url https://www.virtualbox.org, kemudian di klik. Setelah terbuka pada menu kanan atas ada klik tulisa downloads. Kemudian dilanjutkan dengan mengklik windows host kalau kita menggunakan OS Windows atau jika menggunakan OS linux klik linux distribution. Download kemudian tunggu hingga selesai 100%.Lalu setelah itu double klik hasil downloadnya file installernya dengan bentuk format ekstensinya dot deb kemudian pilih distro linux apa yang kita gunakan misal yang punya saya ubuntu 20.04 atau ubuntu versi lainnya ada banyak pilihan.


2. Klik dua kali pada file aplikasi VirtualBox yang telah di download tersebut. 


3. Selanjutnya muncul layar "Welcome to the Oracle WM VirtualBox 7.0.6. Klik tombol Next untuk proses selanjutnya.


4. Di bagian ini, dapat menentukan fitur apa yang akan diinstall atau tidak, mulai dari dukungan terhadap USB, jaringan sampai script Phyton untuk VirtualBox API. Di bagian ini kita juga dapat menentukan lokasi folder VirtualBox akan diinstall. Biarkan seluruh pengaturan folder dan fitur aplikasi yang akan diinstall secara default. Klik tombol Next untuk proses selanjutnya.


5. Pada bagian ini dapat menentukan apakah cara akses VirtualBox secara cepat (shortcut) akan diinstall pada bagian desktop dan Quick Launch Bar. Aktifkan Register file associations agar file dengan ekstensi terkait VirtualBox dikenal oleh sistem operasi. Klik tombol Next untuk proses selanjutnya.


6.Selanjutnya muncul pemberitahuan, bahwa dalam proses instalasi, interface atau kartu jaringan yang ada pada komputer akan dinonaktifkan untuk sementara waktu, namun akan diaktifkan kembali secara otomatis, dengan tambahan kartu jaringan virtual bawaan dari VirtualBox. Klik tombol Yes untuk melanjutkan proses instalasi.


7.VirtualBox sudah memiliki informasi yang diperlukan dan siap untuk di-install. Klik tombol Install untuk memulai proses instalasi VirtualBox.


8.Tmpilan layar selanjutnya memberikan informasi bahwa instalasi VirtualBox sudah selesai. Kemudian klik tombol Finish untuk keluar dari proses instalasi dan menjalankan aplikasi VirtualBox.


9. Inilah hasil tampilan aplikasi OS VirtualBox yang baru pertama kali  di-install, tampak masih kosong belum diisi dengan program-program atau tools yang digunakan untuk keperluan-keperluan tertentu.


Cara Install Extension Pack

Setelah OS Virtual Box berhasil diinstall maka selanjutnya disarankan untuk menginstall Extension Pack yaitu fitur tambahan (plugin) yang digunakan agar supaya VirtualBox yang kita pakai dapat berkinerja secara Maksimal. Berdasarkan portal resmi dari virtualbox.org bahwa kegunaan dari Extension pack adalah dukungannya untuk perangkat USB 2.0 dan USB 3.0, VirtualBox Remote Desktop Protocol (RDP), enkripsi disk, boot Non-Volatile Memory Express (NVMe) dan Pre-Execution Environtment (PXE) untuk kartu Intel.

Namun sebelum mengunduhnya, hal yang perlu diperhatikan secara seksama adalah bahwa hendaknya versi Virtual Box dan Extension Packnya harus persis sama, jika tidak kemungkinan besar hasilnya tidak maksimal atau bahkan gagal.


Untuk instalasinya sangat sederhana sekali, pertama yang dilakukan sebagai berikut :
  1. Kunjungi websitenya yang sama dengan OS virtual box versi 7.0.6 https://www.virtualbox.org kemudian cari Extension Packnya yaitu Oracle_VM_VirtualBox_Extension_Pack 7.0.6 dan klik all suported platforms.

2. Selanjutnya buka OS Virtual Box, kemudian pada bagian navbar (bagian menu bagian kiri atas) masuk ke menu extension lalu klik install dan kemudian cari file Oracle_VM_VirtualBox_Extension_Pack 7.0.6 yang telah kita simpan di komputer lalu double klik pada file tersebut tunggu hingga selesai.


3. Tampilan bahwa file tersebut telah berhasil diinstall.



SELESAI



https://www.corat-coretantanganregasaputra.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Perjalanan Mudik Lebaran by rega

Tips Menghilangkan Rasa Pahit pada Daun Pepaya Ala Orang Tua Zaman Dahulu (Zadul)

JAUHILAH KEBIASAAN MENGUMPAT ATAU MENGGUNJING

Mencari Ridho Allah SWT vs Mencari Ridho Manusia

Akhir Hayat Manusia Ditentukan Oleh Kebiasaannya

PERINGATAN ISRO’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW DI TPA AL-BAROKAH

Muli Mekhanai dan Duta Kopi Lampung Barat 2015

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat periode 2012-2017