SAFARI RAMADHAN 1439 H/2018 M PEMKAB LAMPUNG BARAT DI KECAMATAN SUKAU DIISI DENGAN CERAMAH AGAMA SERTA PEMBERIAN SANTUNAN


safari ramadhan pemkab lampung barat
Rombongan Safari Ramadhan 1439 H/2018 M Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat bersama unsur Forkopimda Lampung Barat pada hari Rabu malam Kamis tanggal 23 Mei 2018 beberapa waktu lalu. Kali ini giliran diselenggarakan di Kecamatan Sukau. Acara yang dipusatkan di Masjid Al-Ichlas Dusun Buay Betanding Pekon Pagar Dewa yang dipimpin langsung oleh Bapak Wakil Bupati Lampung Barat, Drs. Mad Hasnurin. Selain acara berbuka bersama, tarawih berjamaah, Bapak Wakil Bupati juga memberikan santunan kepada Anak yatim, bantuan rumah Ibadah serta penyaluran bantuan Baznas Lampung Barat (Badan Amil Zakat Nasional) bagi kaum dhuafa serta siraman rohani yang disampaikan oleh Ustadz Ahyar. 

Sebagaimana diketahui rombongan Safari Ramadhan 1439 H/2018 Pemkab Lampung Barat telah dimulai sejak hari Minggu tanggal 20 Mei 2018 yang lalu dan rencananya akan berakhir pada hari Senin tanggal 4 Juni 2018 mendatang. Safari Ramadhan tersebut menurut jadwal yang ada, rencananya akan dilaksanakan di 15 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Barat. Adapun rombongan Safari Ramadhan tersebut dibagi menjadi 3 tim yang terdiri dari : Tim 1 dipimpin langsung oleh Bapak Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, S.Pd., Tim 2 oleh Bapak Wakil Bupati, Drs. Mad Hasnurin dan Tim 3 oleh Bapak Ketua DPRD Kabupaten Lampung Barat, Edi Novial, S.Kom.

Sebagai informasi Tim 1 yang dipimpin oleh Bapak Bupati Lampung Barat anggotanya berasal dari Forkompinda sendiri dan sejumlah OPD Kabupaten Lampung Barat antara lain Kapolres, Kajari, Staf Ahli Bidang Administrasi Umum, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Sosial, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja, Satuan Pol PP, Inspektorat, Bappeda, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas PU dan Perumahan Rakyat, Kepala PDAM, Kepala Samsat dan Kepala BRI.
Sementara untuk Tim II dipimpin oleh Bapak Wakil Bupati, anggota antara lain Dandim, Sekda, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kemenag, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pengendalian Penduduk, KB, PP dan PA, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Dinas Pengelola dan Keuangan Daerah,  Kepala BPJS, Kepala Asuransi, Kepala Kantor Pos, Kepala Bank Eka, Kepala Bank Utomo, Bank Danamon,  Bank Mandiri Syariah, Bank Mandiri, Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab, Bagian Organisasi Setdakab, Bagian Pemerintahan Setdakab.

Sedangkan untuk Tim III dipimpin oleh Bapak Ketua DPRD Kabupaten Lampung Barat dan anggotanya terdiri dari Ketua Pengadilan Negeri, Staf Ahli Bid Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Bidang Administrasi Umum, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Dinas Kepemudaan, Olah Raga  dan Pariwisata, Dinas Perikanan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Sekretaris Daerah, Kantor Kesbang dan Politik, Bagian Hukum, Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setdakab, Bagian Perlengkapan Setdakab, RSUD Alimuddin Umar, Kepala Telkom, Kepala BNI Cabang Liwa. 

Adapun rangkaian acara selain buka bersama adalah shalat terawih berjamaah, pemberian santunan dan terakhir ditutup dengan acara siraman rohani mendengarkan ceramah agama. Turut serta dalam rombongan tersebut Bapak Sekretaris Daerah, Akmal Abdul Nasir, SH., beserta istri serta, Asisten Bidang Perekonomian dan pembangunan, Bapak Ir. Nata Djudin Amran, M.M., juga beserta istri dan tampak pula sejumlah kepala OPD beserta istri, unsur Forkopimda Kabupaten Lampung Barat lainnya dan Kepala Bagian di Lingkungan Setdakab Lampung Barat serta masyarakat setempat. 

Dalam sambutannya Bapak Wakil Bupati Lampung Barat, Drs Mad Hasnurin berkomitmen semua program kegiatan dan unggulan yang menjadi visi-misi Bupati dan Wakil Bupati dapat terealisasi dengan baik dengan dukungan OPD terkait demi terwujudnya masyarakat Lampung Barat yang hebat dan sejahtera. Tantangan dan peluang terkait dana desa juga semakin meningkat jumlahnya dari tahun ke tahunnya oleh sebab itu dalam kesempatan tersebut menghimbau sekaligus mengajak para peratin dan masyarakat untuk memanfaatkan anggaran dana desa dengan sebaik-baiknya demi kemajuan pembangunan dan meningkatnya pemberdayaan masyarakat di pekonnya masing-masing. Ditambahkan Beliau menjelang penerimaan siswa baru TP 2018/2019, Pemeritah Kabupaten Lampung Barat telah mengalokasikan dana untuk pengadaan baju seragam sekolah bagi siswa-siswi SD/MI dan SMP/MTS baik negeri maupun swasta bagi yang baru masuk sekolah, bantuan seragam sebanyak 3 stel guna memotivasi siswa-siswi agar lebih giat lagi belajar dan Beasiswa Kuliah bagi siswa-siswi SMA/MA yang berhasil lulus tes masuk di Fakultas Kedokteran pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN).  Calon mahasiswa dan mahasiswi penerima beasiswa tersebut diperuntukkan bagi yang berhasil masuk seleksi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 dengan catatan setelah menyelesaikan studinya mereka harus kembali mengabdi ke Lampung Barat.

Sementara itu perwakilan dari tokoh masyarakat Pekon Pagar Dewa yang diwakili oleh Bapak Miswandi, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas kedatangan rombongan Safari Ramadhan serta mengharapkan bantuan kepada masyarakat guna perluasan pembangunan masjid, “Selamat datang dan terimakasih atas kunjungan segenap rombongan ke pekon kami ini, mohon maaf apabila dalam penyambutan, dalam tutur kata mungkin tidak sesuai dengan yang diharapkan. Berbicara terkait gambaran keadaan masyarakat disini, termasuk masyarakat heterogen karena berada di daerah pasar, ada padang, ada jawa dan lain-lain,” urainya. Ditambahkan beliau bahwa sejarah masjid Masjid Al-Ichlas ini, “Dahulu lokasi masjid berada di tengah pasar namun akibat gempa bumi terjadi maka pada tahun 1994 dipindahkan ke pinggiran pasar. Kebetulan ada masyarakat ada yang mewakafkan bagian tanahnya sehingga pasca gempa dibangun masjid. Namun keadaan strukturnya berubah-ubah dari semi permanen hingga menjadi permanen dan dari lantai semen, seiring waktu berangsur-angsur diganti dengan keramik,” jelasnya. Beliau juga berharap ada bantuan dari Pemda maupun masyarakat serta donatur untuk memperluas masjid karena semakin hari jemaahnya semakin banyak. Sehingga bila lebaran tiba masjid sudah tidak dapat menampung karena melebihi kapasitas daya tampung masjid sehingga masyarakat mendirikan tenda-tenda di luar masjid.Beliau mengharapkan dukungan dan bantuan, “Mohon doa restunya mudah-mudahan masyarakat disini khususnya tergerak untuk bisa melebarkan tempat ini karena terpaksa memasang terpal karena jemaahnya semakin banyak pada saat hari raya berlangsung,” harapnya.
Usai shalat tarawih berjamaah yang berjumlah 8 rakaat ditambah 3 witir sehingga totalnya berjumlah 11 rakaat kemudian dilanjutkan dengan siraman rohani mendengarkan ceramah agama yang disampaikan oleh Bapak Ustadz Ahyar yang berasal dari Pekon Hanakau Kecamatan Sukau. 

Dalam siraman rohaninya Bapak Ustadz Ahyar juga mengajak umat Islam agar senantiasa berlomba-lomba memanfaatkan momentum Bulan penuh berkah ini guna melakukan amal kebajikan sebanyak-banyaknya serta senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT karena di malam ke-8 yang merupakan 10 hari pertama di Bulan Ramadhan 1439 H masih diberikan nikmat kesehatan dan umur serta kesempatan karena 10 hari pertama di bulan suci Ramadhan ini pintu rahmat dibuka oleh karenanya jangan sampai disia-siakan keutamaan Bulan Ramadhan begitau besar sebagaimana sabda Nabi SAW, “Seandainya umatku mengetahui apa yang terdapat dalam bulan Ramadhan maka sungguh mereka akan berharap satu tahun itu Ramadhan penuh." 10 hari pertama diturunkan rahmatNya kepada umat manusia (kasih sayang Allah) karena bulan ini dibukakan pintu rahmatnNya selebar-lebarnya, pintu kasih sayang sebesar besarnya kepada umatnya. 10 hari ke-2 Allah SWT turunkan magfirohNya (ampunanNya). “Tidak semua umat ini diberikan Allah SWT kesempatan. Kita sudah masuk 10 hari pertama10 hari ke-2 fase magfiroh dan 10 hari ke-3 pembebasan dari api neraka. “Alhamdulillah di hari yang ke 8 ini kita masih diberikan nikmat kesehatan, nikmat umur sehingga dapat berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, tidak semua umat oleh Allah SWT diberikan kesempatan menikmati indahnya Ramadhan 1439 H karna mungkin tahun lalu mungkin saudara kita, tetangga kita bahkan mungkin anggota keluarga kita yang pada tahun lalu bersama-sama melaksanakan ibadah puasa, terawih bareng, berbuka bersama, sahur bersama dengan kita tetapi pada tahun ini mereka tidak bersama kita lagi karena sudah ada yang dipanggil oleh Allah SWT ke hadiratNya, ada yang masih hidup di dunia ini tapi mungin terbaring terkulai lemas, ada mungkin tidak bisa merasakan ibadah puasa lagi. Bagi kita diberikan kesehatan oleh Allah SWT kita patut bersyukur.(**selesai**)

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Perjalanan Mudik Lebaran by rega

Tips Menghilangkan Rasa Pahit pada Daun Pepaya Ala Orang Tua Zaman Dahulu (Zadul)

JAUHILAH KEBIASAAN MENGUMPAT ATAU MENGGUNJING

Mencari Ridho Allah SWT vs Mencari Ridho Manusia

Akhir Hayat Manusia Ditentukan Oleh Kebiasaannya

PERINGATAN ISRO’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW DI TPA AL-BAROKAH

Muli Mekhanai dan Duta Kopi Lampung Barat 2015

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat periode 2012-2017