LIBUR SEKOLAH ‘KAN TIBA

Liburan sekolah 2023

Daftar Isi
  1. Libur Nasional dan Cuti Bersama
  2. Kalender Pendidikan Provinsi Lampung
  3. Kesimpulan

Tidak terasa libur sekolah akan segera tiba, saat ini sebagian besar sekolah telah dan sedang melangsungkan Ujian Akhir Semester dalam rangka kenaikan kelas dan kelulusan siswa. Praktis hanya tinggal menghitung hari saja memasuki tahun pelajaran baru yaitu tahun 2023/2024. Meskipun masih beberapa pekan lagi liburan anak sekolah dimulai, namun kebanyakan Ayah Bunda mungkin sudah mempersiapkan rencana mengisi liburan nanti dengan berbagai pilihan yang menyenangkan dan bermanfaat buat anak yang telah dijadwalkan dengan sedemikian rupa. Namun buat yang belum merencanakan, jangan kuatir! Masih ada waktu belum terlambat. Berikut ini catat waktunya! Sebagai referensi libur nasional dan cuti bersama serta jadwal libur semester tahun 2023, setidaknya sebagai acuan bagi yang hendak berlibur.


Bagi orang tua yang masih memiliki anak-anak usia sekolah, tentunya ingin sekali mendampingi anak-anak menghabiskan waktu liburan nanti dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat buat tumbuh kembang anak. Lebih-lebih lagi bagi yang tahun ini anaknya mengikuti ujian kelulusan sekolah pada jenjang SD hingga SMA tentunya orang tua sudah mempersiapkan dan merancang yang terbaik buat anaknya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Mengisi liburan merupakan sesuatu hal yang menyenangkan, hal ini merupakan salah satu pemenuhan kebutuhan mental atau kecerdasan mental (emotional Need atau emotional Intelligence) yang konon diyakini mampu menciptakan ketentraman jiwa karena mengingat Penciptanya yaitu Allah SWT. Pemenuhan kebutuhan tersebut tidak mesti harus berbiaya mahal bahkan dengan budget tipis pun kita sudah dapat menemani anak-anak mengisi liburan yang berkesan dan bermanfaat. Namun bagi yang berkantong tebal tidak ada salahnya mencoba travelling ke destinasi wisata yang menarik yang berada di luar kota bahkan ke luar negeri sekalipun, namun tentunya memilih paket tour wisata yang telah memiliki reputasi baik dan pengalaman yang teruji. Banyak jasa paket wisata yang gencar menawarkan berbagai paket tour dan promo wisata yang menarik yang tersebar dunia maya baik dalam maupun luar negeri. Pun, bagi yang berkantong tipis alias pas-pasan tak menyurutkan semangat dan menghalangi kita untuk mengisi liburan dengan hal yang bermanfaat dan positif dengan pilihan budget hemat misal dengan mengajak anak-anak melakukan aktivitas fisik di luar rumah misalnya mengajak anak-anak camping berkemah, berkebun, memancing di kolam, sungai atau danau atau sebaliknya bertamasya menikmati panorama keindahan alam di sekitar kita baik pegunungan maupun pantai. 

Atau bisa juga tanpa budget misalnya melakukan aktivias-aktivitas di dalam rumah yang tak kalah serunya juga guna meningkatkan quality time antar sesama anggota keluarga untuk menjaga kebersamaan dengan anak yang membutuhkan perhatian orang tua, yang dirasa selama ini tak memiliki banyak waktu karena keduanya terlalu sibuk bekerja, moment ini adalah saat yang tepat untuk membangun kedekatan dan hubungan emosional, komunikasi antar anggota keluarga dapat tercipta dan anak merasa diperhatikan dengan sosok kehadiran orang tua sehingga keharmonisan di dalam rumah tangga akan tercipta serta terjalin dengan erat. 

Selain itu bisa juga mengisi liburan ke destinasi wisata lokal yang ada di kotanya, menjauhkan anak-anak dari penggunaan gadget yang berlebihan barang sejenak. Mendekatkan dan mengenalkan anak-anak pada alam sekitar sebagai salah satu cara menumbuhkan keimanan dan ketakwaan anak akan kebesaran dan keagungan dan kemahakuasaan sang khalik yaitu Allah SWT. 

Seperti dikutip dari situs https://www.dompetdhuafa.org, bahwa tadabbur alam merupakan sebuah aktivitas belajar dalam rangka mengenali segala sesuatu yang ada di langit dan bumi, sekaligus untuk mengenali dan mencintai Allah Swt lebih jauh. Dengan tadabbur alam, manusia bisa lebih dekat dengan alam dan juga Tuhan-Nya, sehingga kita bisa menjaga dan melestarikan alam dan menjalankan perintah-Nya.

Liburan sekolah maupun liburan nasional adalah waktu yang menyenangkan dan berkesan serta dinanti-nantikan semua orang tidak saja oleh anak-anak bahkan orang tua pun demikian. Perencanaan liburan sekolah maupun libur Nasional tahun 2023 bersama keluarga diperlukan perencanaan yang matang dalam pemanfaatanya perlu dipikirkan sebaik-baiknya agar sesuai dengan harapan anggota keluarga karena salah-salah dalam merencanakan mungkin bisa berakibat penyesalan karena waktu sangat berharga, tidak bisa diulang kembali. 

Sebagai referensi bagi Anda untuk membantu rencana berlibur. Pemerintah telah menyepakati dan menetapkan 16 hari libur nasional dan 8 hari cuti bersama di sepanjang tahun 2023 ini. Agar mempermudah perencanaan liburan Anda, Anda dapat mencatat daftar hari libur nasional dan cuti bersama 2023 yang tersedia. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan jadwal lain yang berhubungan dengan liburan, bagi yang berlibur ke luar kota, hal yang perlu diperhatikan seperti memeriksa kendaraan (cek fisik kendaraan) di bengkel, pemesanan tiket dari jauh-jauh hari agar mendapatkan tiket promo, reservasi penginapan, dan jadwal aktivitas yang akan dilakukan disana. Dengan begitu,  Kita  bisa merencanakan liburan yang lebih menyenangkan bersama keluarga secara terencana.

 

Melansir dari halaman situs resmi https://www/menpan.go.id, weblog corat-coretantanganregasaputra.blogspot.com mencatat bahwa Libur Nasional dan Cuti Bersama dari bulan Januari sampai dengan bulan Desember tahun 2023 memiliki 16 hari libur nasional dan 8 hari cuti bersama belum lagi ditambah dengan liburan anak sekolah yang akan memasuki tahun ajaran baru. Adapun libur nasional tahun 2023 sendiri tercatat meliputi Tahun Baru 2023 pada 1 Januari, Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili pada 22 Januari, Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW pada 18 Februari, Hari Raya Nyepi pada 22 Maret, Wafat Isa Almasih pada 7 April, Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah pada 22-23 April, dan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah pada 12-13 Juli. Cuti bersama tahun 2023 meliputi Hari Raya Nyepi pada 22 Maret, Hari Waisak pada 6 Mei, Hari Pahlawan pada 10 November, dan Natal pada 25 Desember.

 

Pada tanggal 11 Oktober 2022, pemerintah telah menetapkan Keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam SKB (Surat Keputusan Bersama) Nomor 1006/2022, Nomor 3/2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. Hal tersebut dilakukan sehingga bisa memberikan pedoman bagi instansi pemerintah dan swasta dalam hal pelaksanaan dari libur nasional dan cuti bersama di tahun 2023 guna mendukung efisiensi dan efektivitas hari kerja.

Untuk tugas-tugas yang bersifat pelayanan dasar seperti rumah sakit, pusat kesehatan masyarakat (rawat inap dan rawat inap), lembaga yang memberikan pelayanan telekomunikasi, listrik, air minum, pemadam kebakaran, keamanan dan ketertiban, perbankan, perhubungan, dan unit kerja sejenis lainnya; organisasi atau unit kerja bisa mengatur penugasan pegawai, karyawan, atau pekerja pada hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2023. Pada tahun 2023 telah ditetapkan hari libur nasional dan cuti bersama total sebanyak 24 hari yang terdiri dari 16 hari libur nasional dan 8 hari cuti bersama. Penjabarannya adalah sebagai berikut:

Ketetapan tersebut tertuang dalam SKB Nomor : 1006/2022, dan Nomor : 3/2022, yang ditandatangani oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

libur nasional 2023


Atas dasar Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yaitu Menteri Agama, Menteri Ketanagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI diatas, maka ditindalanjuti oleh pemerintah kabupaten kota se-Indonesia. Adapun untuk Pemerintah Kabupaten Lampung Barat telah mengeluarkan aturan pelaksananya yaitu melalui Surat Edaran Bupati Lampung Barat Nomor ; 060/170/09/2023 Tentang Perubahan Atas Edaran Bupati Nomor : 060/669/09/2022 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

kalender libur nasional 2023


Adapun berdasarkan Kalender Pendidikan Provinsi Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023 yang menjadi acuan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dalam menentukan jadwal libur sekolah dari jenjang TK, SD, SLTP hingga SLTA, mengutip halaman situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dengan alamat https://disdikbud.lampungprov.go.id.

Kesimpulan dari uraian artikel/postingan diatas kita bisa merencanakan liburan dengan berbagai opsi pilihan kita sendiri yang menurut kalian baik, tentunya dengan membuat kegiatan bermanfaat dan menyenangkan serta menyesuaikan kemampuan budget yang dimiliki karena hal itu merupakan suatu kebutuhan mental guna me-refreshing kembali pikiran seseorang dari rutinitas pekerjaan agar fresh kembali. Bisa ditempuh dengan aktivitas-aktivitas kegiatan di luar rumah maupun di dalam rumah guna meningkatkan hubungan quality time bersama keluarga secara menyenangkan dan tak kalah penting adalah untuk menumbuhkan rasa kecintaan anak terhadap alam dan menanamkan kepada anak sejak dini kecintaan terhadap lingkungan dengan cara menjaga dan merawat serta melestarikan alam maha karya ciptaan Allah SWT agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita dikemudian hari. So, mari kita nikmati liburan sekolah atau liburan nasional atau cuti bersama dengan berbagai kegiatan yang menarik, menyenangkan dan produktif serta berbagai kegiatan bermanfaat lainnya yang bisa diciptakan. Meskipun ada yang berpendapat lain (second opinion), bahwa kebutuhan akan liburan atau rekreasi tersebut,  dengan segala manfaatnya hanyalah merupakan sebuah kebutuhan tersier atau complementary (pelengkap) semata setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi, Maka tidak wajib untuk dipenuhi, hanya sebagai suatu pilihan saja. Sehingga kita tidak terjebak pada sebuah keinginan yang tidak benar-benar kita butuhkan. Hal itu tentu bisa menjadi pertimbangan Ayah/Bunda. So, kembali pada diri kita masing-masing untuk memutuskannya.

 

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Perjalanan Mudik Lebaran by rega

Tips Menghilangkan Rasa Pahit pada Daun Pepaya Ala Orang Tua Zaman Dahulu (Zadul)

JAUHILAH KEBIASAAN MENGUMPAT ATAU MENGGUNJING

Mencari Ridho Allah SWT vs Mencari Ridho Manusia

Akhir Hayat Manusia Ditentukan Oleh Kebiasaannya

PERINGATAN ISRO’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW DI TPA AL-BAROKAH

Muli Mekhanai dan Duta Kopi Lampung Barat 2015

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat periode 2012-2017