SOLUSI PROBLEM GOOGLE ADSENSE YANG MENAMPILKAN PESAN KESALAHAN

image google adsense
Sumber img : UKMINDONESIA.ID

Kawan-kawan netizen atau para blogger yang pernah mendaftar di Google Adsense agar blognya dipasang iklan mungkin ada yang pernah mengalami hal serupa seperti yang saya alami baru-baru ini. Ketika membuka halaman utama Google Adsense, tepatnya pada menu pop up pada privasi & pesan dan atau menu pembayaran, bagian sub menu info pembayaran tiba-tiba kita dikejutkan oleh adanya pemberitahuan atau notifikasi error dari Google Adsense yang cukup mengganggu seperti ini : 

“Kami mohon maaf atas gangguan sementara yang terjadi, tetapi saat ini kami tidak dapat memproses permintaan anda, teknisi kami telah diberitahu mengenai masalah ini dan akan langsung bekerja untuk menyelesaikannya.”

image notifikasi google adsense


Nah
, sekilas bilamana diamati notifikasi diatas, pastilah kita menganggap google sedang melakukan maintenance (pemeliharaan) secara berkala terhadap sistemnya. Padahal sejatinya tidak demikian. Namun sudah terlanjur ditunggu berlama-lama hingga jam berganti jam, hari berganti hari, bulan berganti bulan, tapi tidak juga sampai tahun berganti tahun, he..he..😆.
 Notifikasi itu tak kunjung juga hilang di halaman utama google adsense, pastilah kita mengira dan menduga ada sesuatu yang salah yang musti harus diperbaiki segera, kalau tidak bagaimana kita dapat mengecek dan mengelola akun google adsense. 


Jengkel? Kesal? Sudah pasti namun tidak sampai frustasi dan mencoba untuk lari dari permasalahan ini, he..hee...😆. Ditengah kekesalan dan perasaan jengkel yang berlebih, akhirnya coba-coba mencari tahu apa yang tengah terjadi, dengan cara googling di internet terkait permasalahan yang dihadapi. Apakah mendatangkan hasil setelah mencari dan mencoba disana sini? Karena sudah beberapa cara dilakukan namun tidak kunjung membuahkan hasil. Nah, lantas bagimana caranya mengatasinya, adakah kiat-kiat khususnya, berikut pengalamanku mencari solusi terhadap permasalah tersebut dan mencari tahu apa gerangan yang terjadi?

Awalnya aku mencoba mempraktikkan apa saja terkait artikel tentang topik penyelesaian permasalahan tersebut baik lewat tutorial di vidio di youtube maupun bahan bacaan lainnya untuk mengatasi masalah tersebut. Satu, dua, tiga dan seterusnya aku coba praktikan satu persatu. Hingga sudah tak terkira banyaknya jurus-jurus pemungkas yang diajarkan di tutorial tersebut, berbagai cara aku coba secara trial n error namun belum juga mendatangkan hasil. Semua cara sudah dicoba, tips dan trik untuk mengatasinya tapi tak kunjung membuahkan hasil. Akhirnya ditengah keputusasaan karena merasa sudah mentok, ternyata ada secercah harapan solusi yang awalnya sudah pesimis pastilah ending-nya sudah bisa ditebak hanya satu kata yaitu “gagal”. Rupanya pada saat posisi di titik nadir (titik terendah), alhasil tanpa diduga, masalah tersebut bisa diatasi juga. Rupanya hanya sepele saja bila tau cara mengatasinya namun karena ketidaktahuan saja sehingga menyebabkan serasa demikian susahnya. Upaya dan kerja keras memutar otak yang dilakukan tidak kunjung ada progress-nya.

Lesson learned

Pelajaran yang dapat dipetik sejatinya adalah jangan berputus asa dari rahmat Allah SWT. Analoginya dengan usaha ikhtiar dan kerja keras dan sabar serta berdoa maka proses demi proses dan langkah demi langkah yang kita lalui maka kita tinggal bertawakal (berserah diri) atas ketetapan-Nya. Yakinlah bahwa proses itu tidak akan menghianati hasil ada campur tangan Allah SWT bila kita menyertakan Allah di dalam setiap usaha dan kerja keras yang kita upayakan tersebut, Allah SWT maha tau yang terbaik buat hambanya. 

Kembali ke laptop, kepada permasalahan diatas, walhasil, benar juga sepenggal pepatah yang mengatakan indah pada waktunya. Karena di era digitalisasi banyak cara dan tempat untuk bertanya, tinggal kita saja mau atau tidak memanfaatkan fasilitas yang ada di sekitar kita. Karena di era digitalisasi banyak kemudahan-kemudahan dalam rangka mencari informasi karena tidak dibatasi ruang dan waktu. Pilihannya hanya mau atau tidak, padahal kita bisa bertanya kepada ahlinya bisa lewat browsing, searching, surfing di internet dan perpustakaan digital atau chat via WA group terhadap kenalan yang mengerti, sms dan vidio calling dengan teman yang paham yang berada di dalam daerah maupun luar daerah dapat kita lakukan di era dunia tanpa batas ini (borderless).

Badai Pasti Berlalu

Ternyata tidak seperti yang kita bayangkan sebelumnya, setelah diurut benang kusutnya satu persatu ternyata penyebabnya adalah tools adblock yang sedang di-enable (aktif) di browser atau taskbar. Dari laman Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Adblock adalah pemblokiran iklan atau pencekalan iklan (bahasa Inggrisnya: ad blocking atau ad filtering) adalah sebuah metode penghapusan pemblokiran atau pengubahan konten periklanan dalam sebuah laman web. Adblock akan mengakibatkan pemblokiran terhadap iklan yang terpasang pada plug in browser adblock yang telah kita instal sebelumnya. Rupanya biang keladainya terhadap permasalahan tersebut pelakunya adalah ia adblock atau adguard tersebut. Kalaulah kita tau sejak dari awal pastilah tidak panjang seperti itu mengatasinya😂? Ternyata dengan hanya mendisable seluruh tools yang berkaitan dengan pemblokiran iklan dalam hal ini adblock yang ada pada browser atau search engine misal google chrome, fire fox, bing, safari, microsoft edge dan search engin lainnya maka tidak butuh waktu lama masalah itu langsung cepat terselesaikan setelah mendisable semuanya, maka halaman Google Adsense dipastikan akan dapat diakses secara normal kembali.




Kami mohon maaf atas gangguan sementara yang terjadi, tetapi saat ini kami tidak dapat memproses permintaan anda. teknisi kami telah diberitahu mengenai masalah ini dan akan langsung bekerja untuk menyelesaikannya.

Insya Allah, setelah dilakukan langkah-langkah tersebut secara benar, notifikasi atau pemberitahuan dari Googlde Adsense diatas akan hilang dengan sendirinya, sehingga Google Adsense kita akan berjalan secara normal kembali sediakala tanpa gangguan dan kendala. Dengan demikian kita bisa me-manage Google Adsense dan dapat melakukan pengaturan lainnya misal mengecek penghasilan yang didapat serta menyetting menu lainnya pada akun Google Adsense yang kita kelola tersebut. 


 selesai

https://www.corat-coretantanganregasaputra.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Perjalanan Mudik Lebaran by rega

Tips Menghilangkan Rasa Pahit pada Daun Pepaya Ala Orang Tua Zaman Dahulu (Zadul)

JAUHILAH KEBIASAAN MENGUMPAT ATAU MENGGUNJING

Mencari Ridho Allah SWT vs Mencari Ridho Manusia

Akhir Hayat Manusia Ditentukan Oleh Kebiasaannya

PERINGATAN ISRO’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW DI TPA AL-BAROKAH

Muli Mekhanai dan Duta Kopi Lampung Barat 2015

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat periode 2012-2017