APEL SIAGA SATGAS BANKOM PB KOMINFO KABUPATEN LAMPUNG BARAT

bankom pb diskominfo kab. lampung barat

Corat-coretantanganregasaputrablogspot.com-Bertempat di halaman kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lampung Barat, pada hari ini Selasa pagi, tanggal 21 Maret 2023. Melaksanakan Apel Siaga dalam rangka pergantian anggota baru yang memasuki purna tugas dan evaluasi triwulan 1 tahun 2023 serta koordinasi dan konsolidasi internal.

Pembina apel diambil alih langsung oleh Sekretaris Kominfo, Bapak Indrayani, M.Pd., mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lampung Barat, Bapak Munandar S.Sos. yang sedang bertugas ke luar daerah (Dinas Luar/DL pen.), dalam sambutannya mengatakan fungsi utama Satuan tugas (Satgas) Bantuan Komunikasi (Bankom) Penanggulangan Bencana (PB) Kominfo Kabupaten Lampung Barat antara lain adalah menerima berbagai laporan dari lapangan dan meneruskan kepada pihak-pihak yang terkait dengan laporan yang masuk. Misalnya kebakaran, bencana alam, dan keadaan darurat (emergency) lainnya yang membutuhkan pertolongan dan respon cepat. Melaksanakan tugas Bankom di lokasi bencana alam dengan kelengkapan sarana komunikasi dan perlengkapan lainnya. Keberadaan tugas dan fungsi Bankom PB, sejauh ini sangat diperlukan dalam rangka memudahkan koordinasi dan membantu pihak-pihak terkait guna penanganan dan mitigasi resiko bencana di wilayah Lampung Barat. 

“Tugas Bankom PB adalah memberikan bantuan komunikasi dengan menggunakan sarana Komunikasi Radio Antar Penduduk (KRAP) dan pada saat terjadinya bencana dengan terjun langsung  ke titik lokasi terjadinya bencana,” ungkapnya.

Pak Sekretaris memberikan apresiasi yang setingi-tingginya atas pengabdiannya kepada masyarakat beberapa waktu lalu yang telah sukses menunaikan tugasnya dengan baik pada saat banjir bandang dan tanah longsor di Pekon Sidomulyo, Kecamatan Pagar Dewa yang telah menelan korban harta benda khususnya lahan pertanian, perkebunan dan rumah milik warga serta fasilitas umum. Oleh karenanya Beliau meminta agar para Satgas di dalam pelaksanaan tugasnya juga untuk lebih diperhatikan agar kinerjanya semakin lebih baik lagi ke depan.

Sebagaimana diketahui Satgas Bankom yang dibentuk oleh Dinas Kominfo Kabupaten Lampung Barat terdiri 11 orang relawan yang wilayah kerjanya meliputi 15 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Barat dan mereka rata-rata memiliki Kartu Anggota (KTA) organisasi RAPI yang dibuktikan dengan Call Sign yang merupakan tanda panggilan stasiun radio komunikasi antar penduduk. Satgas Bankom PB ini merupakan salah satu dari beberapa bentuk inovasi daerah yang diusulkan ke Kementerian PAN RB pada Innovative Government Award (IGA) oleh Diskominfo Kabupaten Lampung Barat. IGA sendiri merupakan bentuk penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah baik Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif.



Piagam Penghargaan

Dalam apel siaga dilaksanakan juga prosesi pergantian anggota baru lantaran anggota lama memasuki purna tugas karena alasan kondisi kesehatan dan faktor usia sehingga digantikan oleh anggota baru untuk wilayah kerja Kecamatan Lumbok Seminung dan sekitarnya. Ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada anggota purna tugas yang telah mendedikasikan jiwa dan raganya di dalam pengabdiannya kepada pemerintah dan masyarakat dalam rangka memberikan bantuan komunikasi terhadap penanggulangan bencana, yang terjadi di wilayah Lampung Barat. (*selesai*)

https://www.corat-coretantanganregasaputra.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Perjalanan Mudik Lebaran by rega

Tips Menghilangkan Rasa Pahit pada Daun Pepaya Ala Orang Tua Zaman Dahulu (Zadul)

JAUHILAH KEBIASAAN MENGUMPAT ATAU MENGGUNJING

Mencari Ridho Allah SWT vs Mencari Ridho Manusia

Akhir Hayat Manusia Ditentukan Oleh Kebiasaannya

PERINGATAN ISRO’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW DI TPA AL-BAROKAH

Muli Mekhanai dan Duta Kopi Lampung Barat 2015

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat periode 2012-2017