BEBERAPA CARA MALICIOUS SOFTWARE (MALWARE) MASUK KE SMARTPHONE

awas malware masuk ke smartphone
Screenshot Image akun Twitter @BSSN_RI #JagaRuangSiber 

Smartphone atau ponsel atau hand phone atau gawai, gadget atau sebutan lainnya terhadap telepon pintar, kini sudah menjadi keniscayaan yang sepatutnya dimiliki masyarakat di era industri 4.0. Lantaran telah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang dan merupakan bagian dari gaya hidup (life style) masyarakat modern dewasa ini. Urgensi akan pentingnya smartphone bagi setiap individu, menjadikannya tidak luput dari incaran para hacker untuk mengexploitnya karena terdapat data-data pribadi dan sensitif di dalamnya.  Dikutif dari laman wikipedia, eksploit sendiri adalah sebuah kode yang menyerang keamanan komputer secara spesifik. Eksploit banyak digunakan untuk penentrasi baik secara legal ataupun illegal untuk mencari celah pada komputer tujuan. Sehingga kita perlu mengetahui gambaran cara malware dapat masuk, paling tidak bagaimana prilaku malware dapat tembus masuk ke dalam sistem pertahanan smartphone sehingga kita dapat melakukan upaya-upaya preventif untuk mengantisipasinya.

Sebagaimana diketahui, fasilitas dan fitur pada smartphone yang beragam menjadi penunjang kegiatan sehari-hari. Akibatnya, berdampak muncullah penyakit baru di era digitalisasi yaitu era di mana segala sesuatu serba digital, yang dahulu belum pernah kita dengar sebelumnya, yaitu kecanduan gawai yang tidak kalah berbahaya dengan kecanduan narkoba dan miras serta sejenisnya.

Ciri-ciri orang yang terindikasi sakau atau over dosis terhadap smartphone adalah suka melamun saat barang tersebut tidak berada digenggamannya. Terlalu asyiknya bermain smartphone hingga lupa waktu dan makan. Asyik dengan dunianya sendiri sehingga tidak peduli dengan sekelilingnya. Sulit diajak bicara karena pikiran terlalu fokus pada gawainya. Tidak bisa dipungkiri mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi barang tersebut selalu setia menemani 24 jam berada disamping pemiliknya. Sebagai intermezzo saja, sangking pentingnya smartphone/hp  sampai-sampai ada pepatah mengatakan, “Lebih baik tertinggal dompet daripada tertinggal hp.” Begitu parahnya kondisi kejiwaan seseorang yang sudah tercandu oleh gawai. Tak berlebihan, tanpa kita sadari mungkin saja kita salah satu dari beberapa pecandu (gawai) dan ketergantungan terhadap barang tersebut.

Betapa tidak kini smartphone berbasis Android maupun IOS serta berbasis sistem operasi lainnya, bukan sekadar alat komunikasi semata namun dengan adanya smartphone mempermudah dan membantu pekerjaan kita sehari-hari. Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh smartphone guna penyelesaian pekerjaan baik di rumah, sekolah maupun di kantor misal membuat perhitungan matematika, membuat vidio dan mengedit vidio, merekam gambar dan suara, hingga menjalankan aplikasi transaksi nontunai dan pekerjaan kompleks lainnya yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan.

Seiring perkembangannya Smartphone yang semakin pesat namun di dalam perjalanan terdapat tantangan terkait sistem keamanan, karena smartphone ini bisa menjadi malapetaka bila salah di dalam perlakuan karena berpotensi menjadi target para hacker untuk mengexploit karena di dalamnya tersimpan banyak data-data pribad dan mungkin saja data-data perbankan yang merupakan data kredensial sehingga bila jatuh ke tangan orang yang tidak berhak maka akan menjadi malapetaka bagi pemiliknya.  Untuk itu kita perlu tahu bagaimana malware bisa masuk ke smartphone seseorang agar dapat diketahui upaya pencegahannya, disamping itu kita bisa lebih waspada guna mengantisipasi apa-apa saja yang harus kita perbuat terhadap smartphone agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat merugikan pemiliknya karena kehilangan data-data penting akibat masuknya malware ke dalam smartphone kita.

Seperti yang saya kutif dari akun Twitter resmi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI :  @BSSN_RI yang saya follow dengan hastag :  #JagaRuangSiber, dengan tweet-annya yang menurut saya sangat bermanfaat serta memberikan edukasi kepada masyarakat luas termasuk saya pribadi yang saya bagikan di sini :

AWAS, Malware Masuk ke SmartPhone Melalu 4 cara

UNDUHAN MALICIOUS

Smartphone kini membuat kita mengesampingkan pertimbangan keamanan dan membabi buta mencoba barbagai aplikasi baru walapun berasal dari sumber yang tidak resmi.

TIDAK MENGAUPDATE SISEM OPERASI

Jika kita tidak memperbaharui perangkat lunak secara teratur, maka perangkat kita menjadi rentan.

MEMBUKA PESAN MENCURIGAKAN/PHISING

Masih ada anggapan bahwa keamanan smartphone tidak sepenting pengamanan komputer kerja sehingga smartphone emakin berisiko menjadi pintu masuk malware.

MENGGUNAKAN WI-FI TERBUKA

Mengakses data sensitif melalui jaringan terbuka sangat rentan terhadap serangan main-in-the middle attack dan malware.

Screenshot Image Twitter @BSSN_RI  #JagaRuangSiber

Baca Juga : SOLUSI MENGATASI MASALAH GOOGLE ADSENSE YANG ERROR


Comments

Popular posts from this blog

Kisah Perjalanan Mudik Lebaran by rega

Tips Menghilangkan Rasa Pahit pada Daun Pepaya Ala Orang Tua Zaman Dahulu (Zadul)

JAUHILAH KEBIASAAN MENGUMPAT ATAU MENGGUNJING

Mencari Ridho Allah SWT vs Mencari Ridho Manusia

Akhir Hayat Manusia Ditentukan Oleh Kebiasaannya

PERINGATAN ISRO’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW DI TPA AL-BAROKAH

Muli Mekhanai dan Duta Kopi Lampung Barat 2015

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat periode 2012-2017