Membuat Lencana Facebook untuk Blog



Anda pastinya pernah melihat profil badge Face Book (FB) yang ada di blog baik blogspot, wordpress maupun my space terlihat unik dan menarik dipandang bukan? Kalau iya ada cara mudah untuk melakukannya, tak perlu kita menguasai program khusus pengolah gambar misal Adobe Photoshop, Microsoft Office Picture Manager atau sejenisnya. Hanya mengandalkan fitur di FB Anda bisa membuat badge FB jadi lebih menarik pasalnya keterangan atas foto profil badge tersebut lebih lengkap. Karena pada profil badge tersebut kita dapat mendesain profil badge sesuai keinginan kita seperti mencantumkan foto, nama email, status, event, nomor telepon atau lainnya semua keterangan tentang biodata pemilik profile fb tersebut masih dalam satu bingkai dengan photo profile tersebut. Wah keliatannya cukup menarik bukan? Dengan begitu Anda dapat memanfaatkan pengunjung blog untuk menjadi teman baru Anda di FB caranya ya dengan memasang Profile Badge di blog yang Anda miliki. Sejatinya badge adalah link yang membagi informasi Anda dari Face Book. Jika link ini di klik, Anda akan dibawa menuju FB Profile yang Anda miliki. Link ini bisa dimasukkan ke dalam blog atau website yang Anda miliki sebagai media promosi. Kalau Anda tertarik dengan artikel ini penulis ingin membagi tips money recehan he…he..dan langkahnya secara step by step berikut ini :
1. Buka profile FB Anda lalu pilih Create a Profile Badge di sebelah kiri bawah (tepat di bawah Boxes paling bawah)
2. Tekan Create New Badge
3. Pilih Layout ada dua pilihan yang ditampilkan Vertical (memanjang dari atas kebawah) atau Horizontal (memanjang ke samping) pilih salah satu saja kemudian pilih Items apa saja yang ingin ditampilkan dan disebelah kanan tersedia Preview hasil sementara dari badge yang dibuat.
4. Bila ingin menambah Item lagi tinggal tekan Add Item lalu kemudian tekan Save
5. Selanjutnya bagaimana memasukkan badge yang sudah dibuat ke dalam blog atau website? Caranya tinggal kita mengklik salah satu dari beberapa pilihan blog yang tersedia, bagi pengguna blogspot tinggal klik logo Blogger, bagi pengguna wordpress tinggal klik logo Wordpress dan klik logo my space bagi pengguna blog my space.
6. Kemudian klik kanan pada kode html yang diberikan lalu pilih Copy
7. Sebagai contoh bagi pengguna blog Wordpress, masuk dahulu ke halaman admin blog Wordpress dan pilih menu widget
8. Tekan Add pada Text Widget
9. Tekan Edit pada Text Widget yang muncul di sebelah kanan
10. Selanjutnya Paste kode html di kolom yang disediakan lalu tekan Done
11. Tekan Save Changes
12. Terakhir silahkan buka blog Anda maka akan kita temukan Profile Badge telah muncul di blog, gampang bukan?
Begitu juga bagi pengguna blogspot dan my space langkah-langkah tidaklah jauh berbeda dengan Wordpress karena secara umum hampir sama tahapan-tahapannya. Bagi Anda yang memiliki website sendiri dan mengerti dalam pembuatan tag-tag html, Anda dapat juga menambahkan link badge secara langsung dengan menyisipkan kode-kode html yang muncul. Nah demikianlah tip-tips dari saya semoga sobat-sobat sekalian dapat memetik hikmahnya mempraktekkannya dan terus mempraktekkanya hingga berhasil. Tapi patut diingat bila tidak berhasil jangan marah apalagi lapor ke hansip, he..he..becanda karena penulis sendiri masih amatiran kebetulan saja suka otak-atik hal-hal yang baru melalui google search dan dipraktekkan sendiri. Hasilnya sempurna? Belum tentu karena dari sekian yang berhasil, pernah suatu ketika ketiban apesnya hasilnya gak karuan-karuan alias berantakan, tapi Alhamdulillah yang penulis share ini yang berhasilnya saja. So, don’t worry my friends of mine. Be happy...

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Perjalanan Mudik Lebaran by rega

Tips Menghilangkan Rasa Pahit pada Daun Pepaya Ala Orang Tua Zaman Dahulu (Zadul)

JAUHILAH KEBIASAAN MENGUMPAT ATAU MENGGUNJING

Mencari Ridho Allah SWT vs Mencari Ridho Manusia

Akhir Hayat Manusia Ditentukan Oleh Kebiasaannya

PERINGATAN ISRO’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW DI TPA AL-BAROKAH

Muli Mekhanai dan Duta Kopi Lampung Barat 2015

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat periode 2012-2017