Koneksi Internet Via Modem HP by rega


Bagi anda yang belum memiliki modem pribadi di rumah janganlah kecewa dan bersedih hati apalagi sampai uring-uringan, gak mau makan, ngambek berkepanjangan, nggak mau mandi 3 hari 3 malem, he..he., pasalnya dengan sedikit berexperimen Anda dapat menggunakan hp yang anda pakai sehari-hari untuk sms dan menelepon mengubahnya sebagai modem, tentu dimaksudkan agar hp Anda dapat difungsikan sebagai modem agar dapat berselancar di dunia virtual. Namun sebelum kita menginjak kesana marilah kita mengetahui fungsi daripada alat tersebut terlebih dahulu. Nah mau tak-mau, terpaksalah kita mulai buka-buka buku dulu tentang teori pelajaran/mata kuliah pengantar ilmu computer/aplikasi komputer pada saat kita peroleh sewaktu kuliah atau sekolah dahulu walau bukan fak. atau jurusannya saya yakin kita pernah mendapatkan pada saat itu kendati hanya ditawarkan dalam satu semester saja (hanya 3 sks) namun sudah cukuplah untuk mengenal fungsi dan definisi daripada alat tersebut. Seperti kita ketahui bahwa modem merupakan singkatan dari kata modulator demodulator atau suatu alat yang digunakan untuk mentransmisikan data dari computer yang satu ke computer lainnyan dan diukur dalam satuan BPS (bits per second). BPS merupakan jumlah bit yang ditransmisikan dalam setiap detik adalah suatu pengukuran kecepatan suatu peralatan misalnya modem. Nah bagaimana caranya? Tentu saja sangatlah simple, syaratnya adalah hp yang anda miliki telah memiliki akses GPRS kemudian laptop atau PC serta hp anda telah sama-sama memiliki fasilitas Bluetooth agar dapat berhubungan, bagi computeryang belum memiliki fasilitas bluetooth kita bisa membeli Bluetooth dongle yang harganya relatif murah dan sangat terjangkau. Kemudaian alat tersebut ditancapkan ke slot USB pada PC atau laptop. Lalu pada hp buka panel koneksi Bluetooth anda. Nah berikut tips dan langkah-langkahnya yang penulis rangkum dari berbagai sumber dari dunia virtual yang penulis telah praktekkan sendiri secara trial and error dan ternyata berhasil. Disini penulis ingin sharing pengalaman kepada sobat-sobat sekalian, mudah-mudahan saja ada manfaatnya, paling tidak sedikit membantu mengatasi persoalan yang sedang dihadapi dalam koneksi internet menggunakan modem hp :

P

ertama dan yang utama yang wajib dipersiapkan terlebih dahulu peripheral atau pirantinya antara lain laptop dan hp yang akan digunakan sebagai modem (kebetulan penulis memakai hp nokia 5610 express music) masing-masing peralatan dilengkapi oleh bluetooth. Namun bila Laptop atau PC Anda tidak memiliki fasilitas Bluetooth Anda harus membelinya dulu saat ini harga bluetooth dongle relatif sangat terjangkau, harganya berkisar antara 30-an ribu sampai dengan 50-an ribu.
Ada prosedur yang harus dilewati dan setting-an yang perlu ditempuh sebelum kita menggunakan hp sebagai modem untuk mengakses internet. Baik setting yang dilakukan pada komputer maupun di hp kita. Disinilah letak tantangannya yang menguji kesabaran dan ketekunan yang ulet untuk selalu siap trial and error dan tidak menyerah hingga berhasil.
Untuk setting di hp. kebetulan saya menggunakan kartu IM3, nah jika anda menggunakan Telkomsel, XL, Axis, Esia, dll boleh-boleh saja, tinggal sedikit edit setting sesuai alamat servernya.
Sebelumnya, pastikan bahwa kita sudah melakukan aktivasi GPRS untuk Hp kita. Untuk IM3 cara aktivasinya cukup gampang dan simple, yaitu via sms dengan mengetikkan GPRS nama dan jenis hp kita kemudian kirim ke 3000. Contohnya, saya menggunakan nokia 5610, maka tingal ketik GPRS nokia 5610 kirim ke 3000.
Setelah itu Anda akan menerima konfirmasi bahwa hp kita sudah di aktivasi baru kemudian kita tahap selanjutnya yakni melakukan setting GPRS di hp. Untuk melakukan setting ini, kita masuk ke Connectivity > internet setting > internet profiles > indosatgprs. Kemudian masuk ke settings di mana kita harus memasukkan user dan password. kita masukkan user : indosat@durasi dan password : indosat@durasi
Untuk sim card yang lain tentu saja ada perbebedaannya dalam cara pensettingannya, Tergantung dari masing-masing operator seluler dan biasanya pada saat kita membeli kartu perdana dibalik sampulnya ada petunjuk cara pengaktifan GPRS-nya secara detail. Setelah setting di hp sudah selasai dilaksanakan. Tahap selanjutnya kita harus melakukan setting di komputer kita. Untuk itu kita harus menghubungkan komputer dan hp kita menggunakan koneksi yang ada. Koneksi yang kebetulan saya pakai adalah via Bluetooth Dongle karena memang saya nggak punya kabel data. Setelah Bluetooth dicolokkan ke port USB computer, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :
1. Buka control panel dari start menu lalu masuk ke dalam bluetooth device. kemudian pada tab device klik add dan biarkan computer mendetect handphone kita. Saat handphone kita sudah terdetect maka akan muncul di layar berupa nama hp kita. Kita pilih kemudian klik ok. Di sini kita perlu memasukkan passkey, yaitu berupa angka 8 -16 digit baik di hp maupun di komputer dan klik next. Setelah selesai klik finish. Maka kita telah dapat mengkoneksikan komputer dan hp melalui bluetooth dan siap menggunakannya sebagai modem.
2. Buka control panel dari start menu selanjutnya, masuk ke phone and modem options. Kita pilih tab modem sehingga muncul semua modem yang terinstal di komputer dan klik add untuk menambahkan hp kita sebagai modem. Kemudian akan muncul kotak install new modem, klik next, maka computer akan mendeteksi keberadaan handphone kita. Setelah muncul nama handphone kita di kotak pilih dan klik ok. Di sini kita telah menginstal modem baru dan akan terdeteksi oleh komputer sebagai standard modem over bluetooth link. Kita bisa melihatnya di phone and modem options di mana kita telah menambahkan modem baru.
3. Buka control panel dari start menu selanjutnya, masuk ke network connections. Di sini akan ditunjukkan semua koneksi jaringan yang telah terinstal di komputer kita. Karena kita akan membuat koneksi baru melalui modem handphone maka kita perlu membuat koneksi baru. Kita klik create a new connection di kolom sebelah kiri kotak. Maka akan muncul kotak welcome to the new connection wizard, klik next. Pada network connection type kita pilih connect to internet dan klik next. Kemudian akan muncul kotak cara apa yang akan digunakan untuk koneksi internet. Di sini kita pilih set up my connection manually dan klik next. Kemudian pada kotak internet connection pilih connect using dial-up modem dan klik next. Kemudian kita isi nama ISP yang digunakan, kita isi m3net dan klik next. Selanjutnya masukkan kode *99***1# atau *99***2# dan klik next. Kemudian isikan “gprs” pada username dan “im3″ pada password dan klik next. Setelah selesai klik finish. Maka kita telah membuat koneksi baru bernama m3net. Ini akan muncul pada network connection di bawah dial-up. Untuk mengeceknya masuk saja start menu kemudian control panel selanjutnya masuk ke network connection.
4. Kemudian berikutnya masuk ke start menu > control panel > system > tab hardware > device manager. Klik dua kali pada modems > nokia 5610 modem properties. Klik tab advanced dan masukkan kode berikut dibawah ini :
At+cgdcont=1,”IP”,www.indosat-m3.net atau bisa juga dengan AT+CGDCONT=1,”IP”,”satelindogprs.com” (catatan pilih salah satu saja dari kedua kode tersebut)
Kemudian klik ok.
5. Pada tahap ini kita telah selesai melakukan seluruh rangkaian atau tahapan-tahapan yang harus ditempuh oleh sebuah PC/Laptop dan Hp yang akan digunakan sebagai modem. Terakhir buka start lalu connect to > m3net > dial. Maka akan kita dapati bahwa komputer telah melakukan koneksi yang ditandai dengan keterangan di sebelah kanan bawah layar windows. Buka browser dan kita bisa browsing ke alamat website atau pun layanan internet lain yang kita kehendaki tentunya.
Kendatipun demikian kecepatan koneksi internet dari sebuah modem Hp yang kita dapatkan hanya maksimal 115 Kbps, namun demikian cukup lah untuk kita mengoptimalkan fungsi dari sebuah hp yang disulap menjadi modem Internet dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Selamat berexperimen ria sobat

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Perjalanan Mudik Lebaran by rega

Tips Menghilangkan Rasa Pahit pada Daun Pepaya Ala Orang Tua Zaman Dahulu (Zadul)

JAUHILAH KEBIASAAN MENGUMPAT ATAU MENGGUNJING

Mencari Ridho Allah SWT vs Mencari Ridho Manusia

Akhir Hayat Manusia Ditentukan Oleh Kebiasaannya

PERINGATAN ISRO’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW DI TPA AL-BAROKAH

Muli Mekhanai dan Duta Kopi Lampung Barat 2015

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat periode 2012-2017