Akibat Perbuatan Iseng....

Terkadang pada saat kita men-download file program (aplikasi) gratisan yang kita inginkan via internet, tanpa kita sadari telah disusupi oleh para hacker yang unjuk kebolehan dengan tujuan menyebarkan program jahatnya untuk menjebak para netter yang sedang mengunggah program (aplikasi) yang biasanya gratisan. Jujur hal ini membuat kita sangat jengkel, BT dan terganggu akibat ulah isengnya. Seperti baru-baru ini yang saya alami sendiri, ditengah asyiknya surfing untuk mencari sebuah aplikasi gratisan di dunia virtual, tiba-tiba pandangan saya tertuju pada sebuah file aplikasi yang saya anggap menarik, sehingga membuat saya jadi penasaran dan ingin mengetahuinya lebih jauh lagi. Tanpa pikir panjang lagi, segeralah mengunggahnya , namun apa yang terjadi tiba-tiba saja seluruh icon shortcut di desktop berubah menjadi icon windows atau vlc media player. Rupanya tidak sampai disitu saja, seluruh icon di program start menu juga rupanya telah berubah menjadi icon gambar vlc media player dan sangat mengganggu penampilan desktop komputer. Lebih menjengkelkan lagi, setiap kali di klik akan keluar kembali aplikasi windows atau vcl mediaplayer.

Kesal bercampur sesal namun apa mau dikata nasi telah menjadi bubur, akibat perbuatan iseng-iseng ingin tahu malah berbuah kerusakan tampilan di desktop pc kita sendiri. Alih-alih ingin coba-coba malah jadinya runyam, he..he... Nah, sobat kalau kita pernah memiliki pengalaman serupa, saya ingin membagi tips untuk mengatasinya. Sobat jangan panik dulu, apalagi sampai mengambil keputusan untuk segera menginstall ulang os windows kita, cukup download aplikasinya disini"download[4] kemudian jalankan dengan 1 kali klik saja maka akan kembali normal layar desktop sobat. Ada juga dengan cara lainnya yaitu melalui registry editor, namun yang satu ini, belum pernah saya coba.

Bila hal itu terjadi pada komputer sobat, bukan berarti komputer tidak bisa digunakan sama sekali. Kita masih bisa gunakan dengan cara masuk ke start menu kemudian ke drive hardisk yang kita miliki, namun tentunya akan mengganggu penampilan dan perpormance pc yang kita miliki. Menurut penilaian saya yang awam IT ini, cara kerjanya mirip dengan virus namun tidak sekejam seperti layaknya virus pada umumnya yang memiliki daya destroy yang cukup dahsyat karena dapat menginfeksi file dan menduplikasi dirinya, namun untuk satu ini hanya mengganggu penampilan dan kinerja pc yang akan kita gunakan untuk bekerja secara cepat.

Nah sobat, jangan puas dahulu setelah kita menjalankan aplikasi repair shorcut, karena kita masih perlu berhati-hati manakala kita menemukan kembali file yang menjadi penyebab error tersebut karena file tersebut terbukti walau sudah kita jalankan aplikasi repair shortcut, rupanya ia masih belum hilang karena masih bersarang dan menetap di hardisk pc kita. Untuk itu langkah selanjutnya buka dan jalankan program windows explorer, kemudian lanjutkan proses investigasi dengan memeriksa setiap drive hard disk komputer namun agar waktu tidak terlalu banyak tersita, maka cukup memprioritaskan pemeriksaaan pada program-program yang ada dalam folder C:\Program Files atau pada root directory drive C pada folder program file dan menetap di sub directory pada program microsoft seperti yang terjadi pada pc saya.

Untuk menghapusnya ternyata kita harus masuk ke directory dan sub directory tersebut dan setelah ditemukan file yang mencurigakan tersebut segeralah hapus dari pc sobat karena bila file tersebut bila kita eksekusi atau klik maka pc kita dapat dipastikan akan kambuh kembali, so mau tidak mau harus kita segera perbaiki dengan aplikasi shortcut repair dan kemudian cari secara manual dimana bersarang dan menetap file tersebut, setelah ditemui jangan ditunda lagi untuk segera lah hapus agar hilang tuntas...tas... sampai keakar-akarnya. Parahnya lagi, pengalaman saya file tersebut bila kita scan tak terdeteksi oleh anti virus yang saya miliki padahal setiap kali koneksi internet, pastilah di-update. Biasanya file tersebut berupa file gambar atau vidio yang terlihat menarik setelah dieksekusi ternyata hanya sebuah file hoax yang berisikan program-program jahat merupakan gangguan-gangguan dan teror yang dilancarkan dan di-intrude oleh para hacker, cracker dan precker.

Glossary :

Cracker = seseorang yang mampu dan dapat menembus suatu jaringan serta mencuri/merusak jaringan tersebut

Precker = seseoarang yang mampu menembus suatu jaringan dan memberitahukan kepada jaringan tersebut tentang pengamanan jaringannya yang dapat ditembus oleh orang lain

Destroy = menghancurkan

Intrude = menyusupi

Hacker = penyusup

Hacking = kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencari informasi melalui program yang ada dengan menggunakan komputer

Hoax = berita/cerita bohong

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Perjalanan Mudik Lebaran by rega

Tips Menghilangkan Rasa Pahit pada Daun Pepaya Ala Orang Tua Zaman Dahulu (Zadul)

JAUHILAH KEBIASAAN MENGUMPAT ATAU MENGGUNJING

Mencari Ridho Allah SWT vs Mencari Ridho Manusia

Akhir Hayat Manusia Ditentukan Oleh Kebiasaannya

PERINGATAN ISRO’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW DI TPA AL-BAROKAH

Muli Mekhanai dan Duta Kopi Lampung Barat 2015

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat periode 2012-2017