Sepeda Sehat dalam rangka "Tour D’ Suoh"

Sepeda sehat yang dikemas dalam rangka “Tour De Suoh” (28/1/2017) hari Sabtu beberapa waktu lalu berlangsung cukup meriah terbukti animo masyarakat cukup antusias mengikuti acara tersebut, setidaknya ada ratusan bahkan perkiraan mungkin mencapai seribuan peserta turut berpartisipasi aktif mengikuti acara itu. Para peserta berasal dari masyarakat umum, anak-anak sekolah mulai dari sd, smp hingga sma serta para pegawai pemda Lampung Barat baik dari unsur pegawai fungsional guru maupun pegawai struktural turut meramaikan dan memeriahkan acara tersebut. Acara yang dilepas oleh Bapak Bupati Lampung Barat mengambil start dari Kantor Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS) dan finish di Kantor Kecamatan Suoh.

javascript:void(0);

Baik yang pemula, amatir hingga mungkin ada yang profesional tumpah ruah dalam hajat sepeda sehat yang dikemas dalam tour d’ Suoh. Panitia menyediakan door prize yang cukup menarik berupa sepeda gunung, tv, mesin cuci serta puluhan hadiah hiburan lainnya.

Dalam sambutannya Bapak Bupati Lampung Barat, Drs. Mukhlis Basri, MM. mengucapkan terimakasih atas sambutan warga di 2 kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Suoh dan Kecamatan BNS yang begitu antusias berpartisipasi dalam acara sepeda santai tour de suoh. Kegiatan ini dalam rangka memasyaratkan sepeda mengolahragakan masyarakat dengan cara memasyarakatkan olah raga bersepeda karena menurut Bapak Bupati merupakan salah satu transportasi yang paling cocok dengan kondisi masyarakat yang ada di Suoh dan BNS. Disamping itu juga dalam rangka mengurangi kecelakaan di jalan oleh karenanya tepat hari ini kita mencanangkan naik sepeda santai dalam rangka mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga sepeda untuk warga Suoh dan BNS. Dengan bersepeda kita telah mengurangi kecelakaan yang diakibatkan oleh kelalain dan kekurang hati-hatian dalam dalam berkendara khsusus sepeda motor karena kebanyakan anak-anak sekolah dewasa ini lebih cenderung menggunakan motor ketimbang sepeda namun masih disayangkan banyak yang belum memiliki SIM.

Bupati beserta jajarannya sedang berupaya dan berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan membangun Suoh agar sejajar dengan kecamatan lainnya yang ada di Lampung Barat dengan jalan membangun infrstruktur jalan dan jembatan yang menghubungkan Suoh dan Sukabumi akan dituntaskan pembangunannya pada tahun ini, dengan menggelontorkan dana miliaran rupiah.

Ditambahkannya bulan Februari ini Insyallah jika tidak ada halangan, hambatan serta rintangan PLN akan masuk diharapkan lebaran tahun ini sudah teraliri listrik. Bapak Bupati menginginkan agar pemasangan tiang listrik, warga tidak meminta ganti rugi dan warga tidak menghambat terkait pemasangan tiang PLN di lahan warga. Sehingga lebaran tahun ini harapan masyarakat sudah dapat menikmati penerangan dapat terwujud, ungkapnya mengakhiri sambutan seraya melepas peserta lomba.

Catatan Kecil Perjalanan Menuju Lokasi

Jauh sebelum acara dimulai, rombongan mulai kumpul di Sukabumi sejak subuh sebelum jam 06.00 WIB sudah ramai. Saya beserta teman dari Liwa, usai shalat Subuh langsung bergegas menuju titik kumpul di pekon tersebut karena sesuai arahan pimpinan berkumpul disana sekaligus serapan pagi yang telah disediakan pihak panitia. Bahkan ada yang sudah berangkat sehari sebelum acara dimulai, mereka rela menginap disana demi suksesnya acara tersebut. Touring sepeda merupakan sebuah aktivitas yang membutuhkan kekuatan fisik yang prima, jenis olah raga ini memerlukan persiapan khusus.

Selanjutnya kira-kira jam 06.00 WIB usai sarapan, rombongan peserta mulai diangkut oleh armada kendaraan roda empat yang telah disediakan pihak panitia dalam hal ini Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Lampung Barat untuk membawa peserta ke lokasi. Namun ternyata tidak semuanya mereka mau diangkut oleh kendaraan roda empat karena ada peserta yang memakai kendaraan roda dua seperti rombongan kami. Sementara untuk para peserta yang berasal dari luar Kecamatan Suoh dan BNS harus rela membawa sepedanya menuju ke lokasi satu hari sebelum acara dimulai.

Panitia pada h-1 telah menyiapkan armada berupa beberapa mobil truk untuk membawa sepeda yang dikumpulkan di GSG Pemda Liwa dan sekitar pukul 11.00 WIB siang mobil truk pembawa sepeda mulai berangkat melalui jalur Kabupaten Tanggamus mengingat melalui kabupaten tersebut medan yang dilalui datar dan keadaan jalan relatif baik dibandingkan melalui jalur Sukabumi-Suoh. Sehingga dapat mengurangi kerusakan akibat berhimpitnya sepeda milik peserta dengan peserta satu sama lain. Setelah beberapa jam menempuh perjalanan yang relatif menegangkan dan menantang bagi pemula seperti kami, akhirnya tibalah kami di lokasi. Untunglah cuaca pada hari itu cukup cerah dan bersahabat sehingga tidak ada kendala dan rintangan yang berarti selama dalam perjalanan menuju lokasi.

Rupanya tak disangka peserta sudah ramai di lokasi dan tak lama berselang acara dimulai dengan sambutan Bapak Bupati Lampung Barat yang menandai pelepasan para peserta sepeda sehat. Tampak petinggi-petinggi pemda tak mau ketinggalan turut hadir antara lain Bapak Sekda Kabupaten Lampung Barat beserta jajarannya, mulai dari Asisten 1, Asisten 2, Asisten 3 serta para staf ahli bupati, kepala bagian di lingkungan sekretariat pemda dan para kepala SKPD beserta jajarannya dan pihak Kepolisian dan TNI turut serta memeriahkan acara dengan menggowes sepada berbaur dengan peserta lainnya. “Kalau perkiraaan sekitar sembilan ratusan bahkan mungkin seribuan peserta ada pak karena masyarakat dari 2 kecamatan BNS dan Suoh juga banyak ikut berpartisipasi selain para pegawai dan pelajar,” ujar salah seorang peserta kepada kami saat beristirahat sejenak melepas lelah di pinggir jalan.

Menurut pantuan di lokasi, rute yang dilalui peserta sepeda sehat dari BNS ke Suoh diperkirakan berjarak 20-an km dengan kondisi jalan sebagian besar telah di hotmik cukup mulus dan sebagian kecil masih ada jalan tanah berkontur tanjakan dan turunan yang belum di aspal. “Kalau pastinya kami tidak tahu jarak antara BNS ke Suoh pak karena kami belum pernah mengukur secara pasti tapi kalau 15 sampai dengan 20-an km rasanya ada pak, kalau 8 km rasanya lebih,” ujar seorang warga yang kami temui saat rehat di warung kopi.

Rute relatif menantang para peserta pasalnya menawarkan sensasi berbeda, lazimnya rute yang biasa dilewati sepeda sehat biasanya di dalam kota namun kali ini sambil menggowes peserta diajak berekreasi kembali ke alam dengan menghindari jalan utama kota.

Selesai acara pada siang hari, kami pun beranjak ke SMP N 1 Suoh karena menghadiri acara secara simbolis penyerahan SK Kepala Dinas terkait guru honor mulai dari guru TK, SD, SMP dan SMA. Selesai acara hari telah menunjukkan sore kami pun beranjak pulang, kali ini kami mencoba melalui jalan letusan yang letaknya tidak jauh dari pemukiman warga namun untuk melewatinya dibutuhkan pengawasan dari pemandu warga setempat yang paham keadaan tempat tersebut karena di beberapa bagiannya masih kerap kali terjadi letupan air yang berasl dari gas alam yang memiliki hawa panas mungkin sekitar ratusan derajat celcius tersebut, bisa dibayangkan bila salah sedikit akan berakibat fatal.

Terbayar sudah rasa capai dan penat dalam perjalanan setelah memandangi panorama keindahan alam yang indah nan mempesona, maha karya ciptaan Allah yang patut ditaburi. Kita laksana kecil berada di dalam kuali besar yang dilingkupi oleh bukit-bukit hijau disekitarnya.

Ada pameo mengatakan belum rasanya ke Suoh kalau tidak menyempatkan singgah ke-4 danau tersebut. Sebagaimana diketahui di Kecamatan Suoh memiliki empat danau yang sayang bila tak dikunjungi, ke-4 danau tersebut adalah Danau Asam, Danau Minyak, Danau Lebar, dan Danau Belibis. Selain itu juga memiliki potensi geothermal (panas bumi) yang sangat potensial untuk dieksplorasi dan eksploitasi untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat khususnya masyarakat Suoh dan umumnya masyarakat Kabupaten Lampung Barat.

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Perjalanan Mudik Lebaran by rega

Tips Menghilangkan Rasa Pahit pada Daun Pepaya Ala Orang Tua Zaman Dahulu (Zadul)

JAUHILAH KEBIASAAN MENGUMPAT ATAU MENGGUNJING

Mencari Ridho Allah SWT vs Mencari Ridho Manusia

Akhir Hayat Manusia Ditentukan Oleh Kebiasaannya

PERINGATAN ISRO’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW DI TPA AL-BAROKAH

Muli Mekhanai dan Duta Kopi Lampung Barat 2015

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat periode 2012-2017